Yuk Kenali 3 Cara Mengatasi Kaki Bengkak Setelah Melahirkan Berikut

Kaki yang bengkak memang sering dialami oleh ibu hamil. Hal tersebut terjadi karena tubuh wanita secara kami akan mempertahankan kelebihan cairan sebanyak 3 kg di dalam tubuhnya untuk mendukung perkembangan bayi. Lantas bagaimana cara mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan? Berikut ulasannya.

Tips dan Trik Mengatasi Kaki Bengkak Pasca Melahirkan

  1. Melakukan Olahraga Ringan

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan olahraga ringan. Meskipun setelah melahirkan di ibu lebih fokus untuk merawat anak, mereka juga harus tetap menjaga kesehatan tubuhnya. Dengan melakukan olahraga ringan, maka pembengkakan akan cepat membaik.

  1. Mencukupi Kebutuhan Cairan

Meskipun salah satu penyebab kaki menjadi bengkak adalah kelebihan jumlah kadar air, namun anda tetap harus tetap terhidrasi. Dengan mengkonsumsi air yang cukup, maka tubuh akan meresponnya dengan mendorong produk limbah melalui ginjal.

Dengan begitu, kesehatan dan sistem imun akan membaik sehingga mempercepat pemulihan pasca kehamilan. Hal ini sangat penting agar si ibu bisa segera beraktifitas normal seperti biasanya. Kaki yang bengkak juga akan berangsur angsur membaik.

  1. Mengangkat Kaki

Untuk mengurangi pembengkakan di kaki, anda perlu menjaga sirkulasi di area tersebut dengan baik. Anda bisa mengangkat kaki dengan posisi lebih tinggi daripada jantung selama beberapa saat. Hal ini akan membuat cairan mengalir ke seluruh tubuh.

Demikianlah sedikit informasi yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah pembengkakan di kaki setelah hamil dan melahirkan. Pada intinya, anda perlu melakukan olahraga ringan serta melancarkan sirkulasi tubuh. Selain itu, jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan cairan dengan baik.